Amalkan doa pembuka rezeki

Amalkan doa pembuka rezeki ini agar hidup sentiasa dilimpahi rezeki yang luas.Doa pintu rezeki paling mustajab untuk kita mulakan hari kita

Rezeki ada di mana mana dan pelbagai bentuk.kalau kamu mengkehendakki sesuatu tetapi tidak tertunai, bersangka baiklah pada Allah kerana, mungkin Allah akan menurunkan rezeki yang lain pula pada kita.sesungguhnya Allah merancang sesuatu yang terbaik untuk umatnya…

Pengaruh doa sangat besar dalam kehidupan seharian kita.

 

Baca juga : 7 zikir pembuka rezeki amalan Rasulullah SAW

 Ibnu Qoyyim rahimahullah berkata,

“Doa adalah sebab terkuat bagi seseorang agar bisa selamat dari hal yang tidak ia sukai dan sebab utama meraih hal yang diinginkan.”

Dalam berdoa, kita bebas untuk meminta apa saja. Tidak hanya untuk urusan di akhirat, kelancaran urusan di dunia pun juga perlu diselipkan dalam setiap doa kita. Salah satunya adalah doa pembuka rezeki, agar kita diberi kemudahan dalam mencari dan mendapatkan rezeki.

Amalkan doa pembuka rezeki

Sebagaimana hadis yang disampaikan dari Salman Al-Farisi radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Yang dapat menolak takdir hanyalah doa. Yang dapat menambah umur hanyalah amalan kebaikan.” (HR. Tirmidzi).

Dilansir dari laman rumaysho.com, untuk memohon kemudahan rezeki, Anda bisa membaca doa pembuka rezeki yang diucapkan setiap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan sholat Subuh setelah salam berikut ini,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya:

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad).

Hadis dari ‘Ali juga menyebutkan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengajarkan doa pembuka rezeki berikut ini,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya:

Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).

Lalu, dari Thoriq bin Asy-yam radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا أسْلَمَ عَلَّمَهُ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – الصَّلاَةَ ثُمَّ أمَرَهُ أنْ يَدْعُوَ بِهؤلاَءِ الكَلِمَاتِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي )) .

“Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan pada beliau salat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca do’a berikut: “Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii (Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku).” (HR. Muslim).

Dalam riwayat lain, dari Thariq, ia berkata bahwa ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan ketika itu beliau didatangi seorang laki-laki, yang kemudian laki-laki tersebut berkata,

يَا رسول اللهِ ، كَيْفَ أقُولُ حِيْنَ أسْأَلُ رَبِّي ؟ قَالَ : (( قُلْ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَعَافِني ، وارْزُقْنِي ، فإنَّ هؤلاَءِ تَجْمَعُ لَكَ دُنْيَاكَ وَآخِرَتَكَ )) .

Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?” Beliau bersabda, “Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu.” (HR. Muslim).

Jom kita sama-sama amalkan doa pembuka rezeki ni.Semoga korang juga dimurahkan rezeki

9 Comments

  1. doa yang memang wajib dibaca setiap masa 🙂
    semoga kita sentiasa diberi rezeki oleh Allah swt dalam apa bentuk sekali pun dan semoga kita bersyukur dengannya 🙂

  2. terima kasih sis utk perkongsiannya..:)

  3. Semoga Allah memurahkan rezeki kita semua..

  4. mudah mudahkan kita dimurahkan rezeki oleh Allah SWT.sama sama kita amalkan doa ni.

  5. insha allah..iman skunk tengah menetapkan 40hari nk buat sesuatu 2

  6. inshaAllah..=)

  7. Amin…

Leave a Reply

Your email address will not be published.